SIKD-TIK sebagai Terobosan dalam Persuratan di Universitas Jember

DSC_1992Seiring dengan semangat Kebangkitan Nasional, untuk mengatasi perkembangan teknologi informasi berlangsung sangat pesat, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kearsipan bekerjasama dengan UPT Teknologi Informasi Universitas Jember menggelar Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (SIKD-TIK) pada tanggal 20 Mei 2016 di Lantai 4 Gedung CDAST yang dibuka oleh Rektor Universitas Jember, Drs. Moh. Hasan., Ph.D. Pelatihan diikuti oleh 85 peserta yang terdiri dari Pembantu Rektor, Kepala Biro, Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian beserta staf di kalangan Kantor Pusat Universitas Jember.

DSC_1997

SIKD-TIK merupakan transformasi surat dalam bentuk digital yang diciptakan untuk merespon informasi yang masuk atau keluar. Adanya SIKD-TIK memudahkan dalam surat menyurat dalam lingkungan Universitas Jember, bisa mempercepat waktu dalam merespon informasi yang masuk. Sehingga seorang pejabat bisa memberikan respon dengan cepat. SIKD-TIK juga bisa menekan penggunaan kertas sehingga paperless. Yang tidak kalah penting adalah pengarsipan dokumen akan menjadi lebih tertata karena database tersimpan dalam sistem IT. Proses surat menyurat dapat diakses melalui komputer maupun gadget telepon pintar (smartphone) dengan koneksi Internet.

Aplikasi SIKD-TIK telah resmi dilaunching pada tanggal 4 Juni 2016 oleh Pembantu Rektor I, Drs. Zulfikar, Ph.D dan Direktur Kualifikasi Sumber Daya Manusia, Dirjen Sumber Daya IPTEK, Kemenristek dan Dikti, Dr. Mukhlas Ansori, M.Si dalam acara Sosialisasi Peningkatan Kualitas dan Kualifikasi Dosen melalui Beasiswa Pascasarjana bagi Dosen (cp).

Pengantar SIKD UNEJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *