STUDI KOMPARATIF KEARSIPAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (UIN YOGYAKARTA)

UPT Kearsipan Universitas Jember tanggal  21 November 2019  menerima kunjungan Kepala Bagian Tata Usaha Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Yogyakarta) Muhammad Mahyudin, S.H., M.A. beserta rombongan yang  berjumlah 28  orang. Rombongan diterima oleh Kepala UPT Kearsipan Universitas Jember Trayo Sasti Hardiani, S.E., di ruang sidang senat gedung R. Achmad.

UIN Yogyakarta memilih studi komparatif kearsipan di Universitas Jember karena dinilai dapat mengimplementasikan SIKD dengan baik. Jika ingin belajar SIKD tidak afdhol kalau belum ke Univesrsitas Jember, tutur Bapak Mahyudin, S.H., M.A. Walaupun UIN Yogyakarta belum memiliki UPT Kearsipan ke depan akan dilakukan penguatan di bidang kearsipan mengingat begitu pentingnya  arsip pada lembaga pendidikan tinggi.

Materi SIKD dan Implementasinya di Universitas Jember disampaikan oleh Ibu Trayo Sasti Hardiani, S.E. beliau menjelaskan bahwa dengan adanya payung hukum SIKD di Universitas Jember dalam bentuk peraturan Rektor yaitu SK Nomor 18254/UN25/TU/2016  tanggal 30 Desember 2016 tentang Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Universitas Jember pasal 2 ayat (2) yang berbunyi “Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Universitas Jember wajib digunakan oleh setiap unit kerja di lingkungan Universitas Jember guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan kearsipan dinamis”. Dengan adanya payung hukum yang jelas maka semua unit kerja di lingkungan Universitas Jember wajib menggunakan aplikasi SIKD dalam pengelolaan tata persuratan elektronik. Rombongan UIN Yogyakarta berkesempatan untuk praktek  langsung mengoperasikan aplikasi SIKD di UPT Kearsipan yang dibimbing oleh arsiparis dan staf sekaligus mengunjungi ruang server teknologi informasi Universitas Jember.

Acara studi komparatif kearsipan  UIN Yogyakarta ditutup oleh Kepala Biro Umum, Keuangan dan Kepegawaian Universitas Jember Agus Maryono, S.H. beliau menyampaikan semoga kunjungan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan menambah ilmu bagi para peserta rombongan dari UIN Yogyakarta  dan program SIKD segera dapat diimplementasikan dengan maksimal  di kampus UIN Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *