KUNJUNGAN STUDI BANDING DAN STUDI LAPANGAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG (UIN MALANG)

Selasa , 19 November 2019  UPT Kearsipan Universitas Jember menerima kunjungan studi banding dan studi lapangan dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang         (UIN Malang) yang berjumlah tujuh orang. Dr. Zainal Habib, M.Hum sebagai Manajer/PPK beserta rombongan diterima oleh Wakil Rektor II .Universitas Jember Drs. Wachju Subchan, M.S., Ph.D. , Direktur Eksekutif IDB Project Honest Dody Molasy, S.Sos., M.A. dan Kepala UPT Kearsipan Universitas Jember Trayo Sasti Hardiani, S.E. di ruang Wakil Rektor II Gedung R. Achmad.

Acara  dibuka oleh Drs. Wachju Subchan, M.S. kemudian dilanjutkan dengan saling bertukar cinderamata. Wakil Rektor I Drs. Zulfikar, P.hD. berikutnya  memaparkan program   e-learning yang terintegrasi dengan Sister secara mendetail, “Semua data dan kegiatan  harus terdata di program Sister “ tuturnya. Disamping itu beliau juga menjelaskan tentang sistem kerja Kawanda dan SIKD yang lebih efisien dalam pembuatan draf surat..  Sebagai implementasi dari bantuan pinjaman luar negeri Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang)  dalam kunjungan tersebut berencana untuk membuat dan mengembangkan desain aplikasi sistem daring dan administrasi arsip manual di Universitas yang terkait dengan proyek PHLN di UIN Malang.   Walaupun UIN Malang masih belum memiliki UPT Kearsipan, namun mereka bertekad untuk mewujudkan pengelolaan arsip yang sesuai dengan kaidah kearsipan dengan menggunakan SIKD-TIK untuk distribusi tata persuratannya, jika integrasi universitas sudah terbangun dengan kuat maka program bisa dilaksanakan dengan baik. Namun yang menjadi kendala saat ini di UIN Malang adalah sistem yang belum terpadu, pengamanannya  masih lemah, program yang terkait dengan sistem harus segera ditindaklanjuti dan harus banyak belajar di Universitas Jember, ungkap Dr. Zainal Habib, M. Hum.

Penyampaian materi SIKD-TIK dan Implentasinya di Universitas Jember  di sampaikan oleh Ibu Trayo Sasti Hardiani, S.E.. Dr. Zainal Habib, M.Hum menyampaikan kekagumannya terhadap program-program yang telah terintegrasi di dalam Sister Universitas Jember yang sangat luar biasa menurut beliau. Penjelasan mengenai fitur-fitur yang ada di dalam SIKD-TIK dan cara pengoperasiannya disampaikan oleh Sunarya Sutradani, S.T. yang dilanjutkan dengan praktek langsung pengoperasian SIKD-TIK yang dipandu oleh staf dan arsiparis di UPT Kearsipan Universitas Jember, rombongan juga berkesempatan melihat langsung server Universitas Jember yang terletak dekat dengan ruangan UPT Kearsipan.  Sesi terakhir adalah foto bersama di depan  papan nama UPT Kearsipan yang menjadi momen yang tidak pernah terlewatkan. Setelah sharing dan menimba ilmu dirasakan cukup Dr. Zainal Habib, M.Hum. beserta rombongan berpamitan dan beliau menyampaikan terimakasih atas ilmu yang sudah disampaikan serta mohon doa semoga program kerja yang direncanakan segera terwujud di UIN Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *