KUNJUNGAN KERJA POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA

Selama ini pengoperasian SIKD di Polnes belum terlaksana dengan lancar karena belum memahami  bimtek yang diberikan oleh pihak ANRI yang waktunya cukup singkat. Guna pendalaman pemahaman pengoperasian SIKD Meliana menjelaskan “sengaja memilih kunjungan kerja di UPT Kearsipan Universitas Jember karena program aplikasi SIKD Universitas Jember masih dalam bentuk asli belum banyak dimodivikasi,’ tuturnya. Pada hari pertama kunjungan   diterima oleh Agus Maryono, S.H. Kepala Biro Umum, Kepegawaian dan Keuangan Universitas Jember dan Trayo Sasti Hardiani, S.E. Kepala UPT Kearsipan Universitas Jember, rombongan mendapatkan pengarahan dari Bpk. Agus Maryono, S.H. terkait sharing dan bimbingan pengoperasian SIKD kemudian dilanjutkan foto bersama di ruang Kabiro II.

Kegiatan hari pertama diawali rombongan menuju ruang sidang senat lantai II untuk sharing dan mengikuti presentasi materi aplikasi SIKD yang di sampaikan Ibu Trayo Sasti Hardiani, S.E. Acara selesai dilanjutkan sharing aplikasi SIKD yang terintegrasi dengan Sister di UPT Teknologi Informasi Universitas Jember, rombongan diterima  oleh Drs. Sudarko, Ph.D. Kepala UPT Teknologi Informasi Universitas Jember dan berkesempatan untuk bertanya bagaimana teknik pengoperasian SIKD yang terintegrasi dengan Program Sister. Setelah ishoma kegiatan dilanjutkan dengan sharing, bimbingan dan praktek cara menginputkan Jadwal Retensi Arsip (JRA), Klasifikasi Keamanan dan Hak Akses Arsip Universitas Jember ke dalam SIKD-TIK.

  • Kepala UPT Kearsipan Politeknik Negeri Samarinda Meliana Purba SE, M.Si. beserta rombongan yang berjumlah  tujuh orang mengadakan kunjungan kerja di UPT Kearsipan Universitas Jember selama dua hari pada tanggal 11-12 April 2019. Dalam kesempatan ini Kepala UPT Kearsipan Polnes menyampaikan bahwa  UPT Kearsipan Universitas Jember telah mengimplementasikan aplikasi SIKD dengan baik dan benar. Terkait dengan kunjungan tersebut rombongan dari Politeknik Negeri Samarinda bermaksud untuk belajar dan praktek langsung cara pengoperasian SIKD.

             Kegiatan hari kedua dilanjutkan dengan Bimtek pengoperasian SIKD-TIK dan sharing proses pemberkasan arsip dengan metode pengelolaan arsip menggunakan media box. Kegiatan hari kedua diakhiri dengan sharing proses penyusutan arsip. Rombongan dari Politeknik Negeri Samarinda yang diwakili kepala UPT Kearsipan Meliana Purba, S.E. M.Si menyampaikan terimakasih atas sharing ilmu dan Bimtek yang telah diperoleh dari UPT Kearsipan Universitas Jember yang awalnya belum paham dengan adanya kunjungan bimtek ini semua rombongan sudah memahami bagaimana mengoperasikan aplikasi SIKD-TIK dan segera akan di implementasikan dan disosialisasikan  di Politeknik Negeri Samarinda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *