Pelatihan Penyusutan Arsip Berdasarkan Jadwal Retensi Arsip (JRA) di Lingkungan Universitas Jember

Penyusutan arsip merupakan salah satu sarana penting untuk mengatasi masalah bertumpuknya arsip yang tidak mempunyai nilai guna lagi . Arsip yang sudah tidak berguna lagi, perlu dimusnahkan untuk memberi ruang bagi tersedianya tempat penyimpanan dan pemeliharaan arsip yang lebih baik. Dalam unit kearsipan sangat penting dilakukan penyusutan arsip untuk itu setiap pengelolaan arsip perlu memiliki JRA (Jadwal Retensi Arsip) sebagai acuan penyusutan arsip. Kegiatan penyusutan arsip  meliputi pemindahan arsip, pemusnahan arsip dan penyerahan arsip.

Pelatihan Penyusutan Arsip Berdasarkan Jadwal Retensi Arsip ( JRA) Di lingkungan Universitas Jember dibuka oleh Wakil Rektor II Universitas Jember pada tanggal 20 Desember 2017 di Aula Lt III Kantor Pusat Universitas Jember.

Tujuan penyusutan arsip di lingkungan Universitas Jember adalah untuk memudahkan pencarian arsip kembali, menghemat biaya, file aktif akan lebih longgar untuk menampung bertambahnya arsip baru, untuk menetapkan jangka retensi arsip dan menempatkan arsip inaktif yang bernilai guna ke tempat yang lebih baik, terjaminnya penyelamatan dokumen/arsip yang bernilai guna dan sebagai bahan pertanggungjawaban lembaga. Pelatihan penyusutan arsip ini diikuti oleh tenaga pengelola arsip dibagian kantor pusat, fakultas, lembaga dan UPT di lingkungan Universitas Jember. Diharapkan masing-masing unit kerja mampu memindahkan arsip inaktifnya dari unit pengolah ke unit kearsipan, serta menusnahkan arsip yang telah habis retensinya dan tidak memiliki nilai guna dan menyerahkan arsip statisnya kepada UPT. Kearsipan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *